Apa itu Gelas Ukur dan Fungsinya?



Pengertian Gelas Ukur

 

Taukah And mengenai Gelas Ukur? mungkin Anda sudah pernah menjumpainya tetapi Anda belu mengetahui apa nama sebenarnya dari alat ini, jika belum memahami alat ini mari simak ulasan berikut.

Gelas ukur secara sederhan adalah peralatan laboratorium berbentuk gelas yang termasuk ke dalam kategori glassware laboratorium, gelas ukur ini berfungsi untuk mengukur volume cairan yang tidak memerukan ketelitian tinggi seperti; pereaksi/reagen untuk analisis kimia kualitatif. Gelas ukur berbentuk corong/silinder dan ada garis penanda pada satu sisi gelas ukur sebagai hitungan jumlah cairan yang telah terukur dan mempunyai ukuran volume mililiter yang berfariasi

 

Umumnya Gelas ukur dibuat dalam berbagai ukuran mulai dari 5 mL hingga 2 Liter. Gelas ukur terbuat dari bahan polypropylene karena bahan ini memiliki ketahanan terhadap kimia yang cukup baik dan polymethylpentene atau transparansi, hal itu membuat gelas ukur menjadi lebih ringan tapi lebih rapuh juga dari kaca, maka Gelas Ukur tidak bisa digunakan untuk mengukur larutan/pelarut dalam kondisi panas. Perhatikan meniscus pada saat pembacaan skala. Perbedaan gelas ukur dan gelas kimia adalah, Gelas ukur sebagai alat ukur sedangkan gelas kimia adalah alat tampung. Penggunaan secara benar kedua gelas kimia ini akan sangat membantu Anda di laboratorium.

 

Cara menggunakan gelas ukur

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pengukuran dengan alat ini, seperti:

  • Saat mengukur volume larutan tidak berwarna, Anda harus memperhatikan batas meniskus cekung bagian bawah. Gelas ukur harus diletakan pada daerah yang datar dan meniskus dibaca sejajar dengan mata.
  • Untuk mengukur volume raksa, Anda harus memperhatikan batas meniskus cembung yang dilihat sejajar dengan mata dan meletakan gelas ukur pada bidang yang rata.

 

Cara membaca skala pada gelas ukur

Saat membaca skala Gelas ukur, letakkan gelas pada media yang sejajar dan rata(meja) dan dengan posisi mata sejajar dengan permukaan larutan yang di tuangkan lalu sesuaikan dengan ukuran yang tertera pada gelas, sehingga akurasi ketelitian pada penglihatan lebih besar.

 

Kesimpulan

Gelas ukur adalah alat yang biasanya dipakai untuk mengukur takaran benda cair, bisa jaga untuk mengukur benda padat seperti tepung terigu, gula pasir, dan lain sebagainya. Gelas ukur berupa gelas tinggi dengan skala di sepanjang dindingnya. Terbuat dari kaca atau plastik yang tidak tahan panas. Mempunyai fungsi untuk mengukur volume larutan tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi dalam jumlah tertentu. Terbuat dari kaca atau plastik yang tidak tahan panas. Mempunyai fungsi untuk mengukur volume larutan tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi dalam jumlah tertentu.

 

Kami menjual berbagai alat glassware dan alat laboratorium lainnya, jika Anda membutuhkan peralatan dengan kualitas tinggi dan dengan penawaran yang bagus silahkan hubungi kami disini.
  • Telp               : 021 8690 6782
  • Fax                : 021 8690 6781
  • Whats App     : 0816 1740 8900
  • Email             : sales@anm.co.id
  • Website         :  anm.co.id / Alatlabor.com